Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Jumat, 27 September 2013

Gosipers Style (-___-")

Sepertinya memang sudah lama gak nulis untuk sekedar mengisi blog ataupun menuhin file di laptop, terkesan males, bisa jadi gak terlalu sempat, ataupun menikmati yang lain. Apapun itu.
Pagi hari, waktu untuk mengawali hari-hari yang keren, diawali aktivitas sarapan dan sekedar mengecek berita di TV, ragam-ragam nusantara ataupun kartun. Tayangan TV di pagi hari itu ternyata gak Cuma berita nusantara, ragam budaya, kartun saja tapi acara GOSIP tak kalah populer, keknya gak Cuma satu channel saja daahh,,,

Emank sih, percaya gak percaya, infotainment itu menyajikan berita artis dan dibuat semenarik mungkin dan seasyik mungkin dan ketika kita melihat pun ya sesuatu hal yang wajar aja bahasanya sudah biasa. Sekali berita Gosip dan dibuat sedikit atau banyak hebohnya kemudian banyak ditayangkan, maka follower dan beritanya sudah mencakup seantero nusantara, kerenz betul jaringannya. Waaahh jangan-jangan termasuk yang nulis dan para pembaca ini yang juga gak ketinggalan berita #lhoh, liat saja bagaimana kata “konspirasi kemakmuran”, saat ini siapa yang gak kenal penemu kata-kata itu ? nahh,., terlepas dari lucu ataupun aib dari “kudetaisasi dan harmonisasi” itu, tapi yang pasti berita itu menyebar sedemikian luasnya. Kalau ini di hubungkan dengan dunia jurnalis, kata pengarang buku “River’s Note” yang berprofesi menjadi jurnalis, maka pesan beliau adalah “Jadilah Jurnalis yang baik”.
Ketika yang diberitakan itu sebuah aib walaupun itu fakta maka itu bisa dikatakan ghibah, hmmm,,.. memang sih yang diceritain di TV adalah artis, yang memang public figure, wajar ketika di obrolkan, sebuah resiko bisa jadi. Sebenere kasian juga artis-artis Indonesia itu, siap mental yang pasti. Bayangin kalau itu terjadi di masyarakat dengan korban atau pelaku adalah orang-orang yang bukan public figure ? dan beritanya banyak, tetangga-tetangga, temen-temen pun tahu ? njut piye kui ?? emmm apa yang ditimbulkan ya? Nama jelek, Fitnah, pembunuhan ? (*Hooooooooo..bayangane wes serem-serem). Gak sih gak pengen terlalu bahas gosip atau ghibah yang ampe dalem berlanjut fitnah bahkan kejahatan-kejahatan lain, karena semua itu bisa gak terjadi kalaulah ada minimalisir atau filter pendengaran, ke-kepo-an, dan pen-tabayyun-nan.
Kadang menjadi orang yang gak terlalu kepo ma urusan orang itu menyenangkan, bisa jadi didefinisikan autis (*maksudnya asyik aja ma kerjaan sendiri) dan semoga bukan berarti ketidakpedulian, pas kudu denger berita orang itu njut berekspresi “O”, “hoooo, baru tahu”, setelah itu udah lewat kuping doang. Lucu aja kali ya ?. Dengerin cerita gosip dengan seksama ketika memang bertujuan menuntaskan, ataupun dalam cakupan “tabayyun”, ataupun sekedar menghargai orang yang bercerita. Mendengarkan seksama ketika gosip itu mengandung pelajaran bagi semua, baik diambil, jeleknya ya ditinggalkan atau sudah cukup dikita saja gak perlu nyebar kemana-mana lagi. Gak kebayang kan kalau itu terjadi di kita, yang dibicarain adalah jeleknya kita, gak enak banget pastinya, kita mah enak-enak aja kalau denger cerita jeleknya orang, bicarain dan pastinya sapa sih yang mau aib sendiri disebar-sebar ? ogah kan ?.
Memang sih, gak kepo itu berarti gak banyak tahu kabar dari sana-sini, emank sih jadi kurang update, tapi itu jauh menyenangkan daripada harus manjadi agen yang mau gak mau harus ikut dan menyebarkan pulak berita aibya orang. Bukannya diri ini sok bgt kek gak pernah aja, sekedar koreksi + uneg-uneg kali ya?.
Emmmm tapi, yang pasti, kenapa Allah itu menyarankan untuk kita ni saling menasehati dalam kebaikan dan selalu mengingatkan yang lain ketika salah, ya karna kita ni gak luput ma yang namanya salah, kadang saking cueknya kita, kita gak nyadar kesalahan diri ini ke orang lain, dan itu bisa jadi gosip, nahh sebelum jadi gosip berlanjut ghibah, fitnah dll, so ? aktifkan selalu untuk saling nasehat-menasehati, koreksi-mengoreksi, kasih saran ketika diminta dan rahasiakan yang diharapkan menjadi rahasia. Semoga kita termasuk orang yang terlindungi dari jahatnya fitnah, aminn J

Sebenarnya nulis gini bukan berarti diri ini dah bener dan baik (*masih berusaha untuk lebih baik) atau mengalami kejadian langsung dan dramatis, ya,., karna menemui beberapa kejadian-kejadian kecil saja dan alur menulis pun dikembangkan ^o^

2 komentar:

Health mengatakan...

Tapi kalok dipikir secara logika, klok gx da orang2 kayak gitu,,,,ntar gx da para ulama yang menasehati...kan orang2nya udah baik semua...trus penghuni nerak jadi zonk mbk...heeeheeee

Unknown mengatakan...

wainii,., hadeehh neraka ki kek kuis aja,., zonk2



02l;'./ngan :)),.,.,

Posting Komentar

Social Icons

Featured Posts